BTS Mati? Apa yang Kominfo Lakukan untuk Mengatasinya?

Contributor : Galih Dea | Date : 2020-02-26

Berbagai daerah di Indonesia sedang mengalami hujan deras. Dan tak mengejutkan pula bahwa banjir dapat muncul karenanya, tak terkecuali untuk DKI Jakarta. Daerah ibukota ini sebagian besar tergenang banjir, dengan ketinggian yang bervariasi. Dengan banjir ini, berbagai kegiatan di ibukota menjadi terhambat, salah satunya adalah komunikasi.

BTS di Jakarta Mati

Banjir di Jakarta ini menyebabkan matinya sejumlah BTS (base transceiver station) yang merupakan sumber sinyal untuk komunikasi, salah satunya melalui ponsel. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), dari 21.745 site BTS yang berdiri di Jakarta, 1.122 site mengalami down, membuatnya tidak berfungsi.

Untuk mengatasi down nya berbagai BTS di Jakarta, pihak Kominfo bekerjasama dengan berbagai penyedia layanan seluler. Kerjasama ini dilakukan supaya penduduk Jakarta, terutama yang berada di daerah rawan banjir, tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat mereka.

Kominfo Bekerjasama dengan Penyedia Layanan Seluler

Salah satu tindakan yang diambil untuk menyambungkan kembali komunikasi yang terputus tersebut adalah dengan menyediakan sumber daya cadangan, yaitu generator set (genset), yang dapat menghidupkan kembali berbagai BTS yang mengalami down. Selain itu, dilakukan pula optimasi pada berbagai BTS yang tidak mati kala banjir menerjang Jakarta, dengan cara meningkatkan coverage dari BTS tertentu, supaya BTS tersebut dapat menjangkau area yang lebih luas sebagai penunjang BTS yang down.

Tidak hanya dua hal tersebut, untuk mengembalikan akses komunikasi yang terhambat di Jakarta, Kominfo dan penyedia layanan seluler juga melakukan berbagai hal lain, seperti melakukan mobilisasi terhadap BTS mobile yang dapat menjangkau daerah terdampak banjir. Disamping itu, genset tambahan akan diterjunkan pula, supaya berbagai BTS yang berdiri di Jakarta dapat tetap hidup untuk mengakomodasi komunikasi seluler.

Karena berbagai tindakan tersebut, komunikasi yang sempat terhambat di Jakarta dapat berangsur pulih. Segala upaya tersebut akan tetap dikerahkan, sampai kegiatan komunikasi di Jakarta menjadi lancar sekali seperti sedia kala, walaupun banjir sedang melanda Jakarta dengan ganas, yang telah menghambat berbagai kegiatan.

Dan itu adalah berita mengenai BTS yang mati karena banjir yang melanda Jakarta. Semoga banjir di Jakarta segera reda, supaya berbagai kegiatan dapat berjalan kembali, terutama komunikasi seluler.

 

Sumber Berita:

"Kominfo Sebut 1.122 BTS Sempat Down Gegara Banjir Jabodetabek" - inet.detik.com

 

Sumber Gambar:

"Berita Terkini Banjir Jakarta Hari Ini" - liputan6.com

Tags :

banjir, dki jakarta, jabodetabek, bts, seluler, komunikasi, kominfo
Type and Hit Enter to Search