Ingin Tahu Informasi Terkini Banjir Jakarta? Ada PetaBencana Dong!

Contributor : Galih Dea | Date : 2020-02-25

Tak dapat dipungkiri lagi, banjir menjadi salah satu bencana alam yang ditakuti oleh penduduk dunia, termasuk di Indonesia. Hal ini dikarenakan banjir yang seringkali memakan korban, baik korban harta dan korban jiwa. Saat ini, ibu kota Indonesia, yaitu Jakarta, sedang dihantam banjir menyusul hujan deras pada beberapa waktu belakangan ini. Walaupun hujan sudah mulai mereda, air masih menggenangi beberapa area di Jakarta.

PetaBencana, Pemberi Informasi Banjir Terkini di Jakarta

Dan untuk mengetahui informasi terkini mengenai banjir di Jakarta, saat ini ada website PetaBencana. PetaBencana ini memberikan informasi terkini banjir di Jakarta melalui peta yang disajikan secara interaktif, menampilkan tingkat keparahan banjir pada area yang bersangkutan. PetaBencana sendiri merupakan proyek kolaborasi antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Pacific Disaster Center, dan Humanitarian OpenStreetMap Team. PetaBencana dapat diakses secara bebas oleh berbagai pengguna internet melalui link berikut ini. Untuk saat ini, beberapa bagian di Jakarta masih tergenang banjir, dengan ketinggian banjir yang bervariasi.

Indikator Banjir di PetaBencana

Pada peta banjir di website PetaBencana, ada empat warna yang menjadi indikator banjir. Pertama, warna merah yang menandakan status Siaga 1 dengan ketinggian banjir di atas 150 cm. Kedua, warna jingga sebagai penanda status Siaga 2 dengan ketinggian antara 71 cm sampai dengan 150 cm. Ketiga, warna kuning penanda Siaga 3 di area tersebut dengan  ketinggian antara 10 cm dan 70 cm. Dan keempat, Siaga 4 ditandai dengan warna hijau, yang menandakan ketinggian banjir di bawah 10 cm, dan warga diminta untuk lebih berhati-hati.

Pengguna Internet Dapat Berkontribusi di PetaBencana

Selain itu, pengguna internet dapat memberikan kontribusinya terhadap banjir dengan melaporkan informasi banjir melalui berbagai media sosial. Melalui Twitter, pengguna dapat memberikan informasi banjir dengan mengunggah tweet dengan menyisipkan hashtag #banjir dan mention pada akun @petabencana. Pengguna dapat pula memberikan informasi dengan mengirim pesan pada akun Facebook PetaBencana. Selain Twitter dan Facebook, Telegram dapat dijadikan pula sebagai media penyalur informasi banjir Jakarta, melalui @bencanabot dan mengetikkan pesan setelah memberikan perintah /banjir di dalamnya. Tidak hanya itu, pengguna internet dapat pula melapor melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti Qlue, PasangMata, dan Z-Alert.

Dan dengan hadirnya PetaBencana, pengguna internet tidak perlu khawatir mengenai informasi terkini banjir di Jakarta, dan pengguna dapat pula berkontribusi dalam menyalurkan informasi mengenai banjir tersebut, yang tentu berguna bagi pengguna lain.

 

Sumber Berita:

"Pantau Banjir di Jakarta dan Sekitarnya Lewar Situs PetaBencana.id" - tekno.kompas.com

 

Sumber Gambar:

"Pantau Banjir di Jakarta dan Sekitarnya Lewar Situs PetaBencana.id" - tekno.kompas.com

"Begini Cara Lapor Banjir ke Situs PetaBencana.id" - techno.okezone.com

Tags :

banjir, jakarta, indonesia, teknologi, iot, petabencana.id, media sosial, internet, vantura, semarang
Type and Hit Enter to Search