Machine Learning dalam Berbagai Industri

Contributor : Galih Dea | Date : 2020-01-21

Machine learning adalah salah satu bidang yang dapat didalami dalam komputasi, menawarkan pembelajaran sistem secara mandiri bagi perangkat-perangkat yang menerapkannya. Karena pembelajaran yang mandiri ini, berbagai pengembang mulai gencar membangun berbagai aplikasi dengan machine learning di dalamnya. Machine learning ini umum disematkan dalam aplikasi karena dianggap menguntungkan, baik untuk hubungan dengan pengguna dan bisnis bagi para pengembangnya. Dan saat ini, hampir setiap lini industri mulai menerapkan machine learning pada produk-produknya.

Machine Learning di Industri Otomotif

Industri otomotif adalah satu dari beragam industri di dunia yang menerapkan machine learning. Salah satu hasil dari penerapan machine learning pada industri otomotif sendiri adalah self-driving car, atau mobil yang bergerak secara otonom. Secara kasat mata, mobil-mobil ini terlihat layaknya mobil pada umumnya, namun ketika penggunanya telah masuk ke mobil otonom ini, baru mulai dirasakan perbedaannya, karena mobil ini dapat bergerak tanpa harus dikendalikan oleh sang pengguna, dengan dukungan berbagai sensor yang tertanam di dalam mobil tersebut, serta penerapan machine learning di dalamnya. Berbagai produsen otomotif mulai mengumumkan mobil otonom versi mereka, seperti Ford, BMW, Mercedes Benz, Tesla, dan lain sebagainya. Bahkan, Audi mengungkapkan bahwa mereka akan menjadi produsen otomotif pertama dari mobil otonom level 3, dimana mobil dapat bergerak sendiri di beberapa situasi, seperti di lalu lintas pada jalanan bebas hambatan yang memiliki jalur masuk dan keluar yang telah ditandai. Dan masih ada banyak lagi mobil-mobil otonom yang akan diproduksi oleh berbagai produsen mobil di dunia.

Machine Learning di Industri Retail

Selain di otomotif, industri retail juga sudah mulai menerapkan machine learning pada produk-produknya. Beragam pemain di industri retail umumnya menerapkan machine learning untuk memberikan berbagai rekomendasi produk yang sesuai dengan konsumennya. Oleh karena itu, rekomendasi produk yang akan muncul secara instan dari setiap konsumen dapat menjadi lebih personalized. Hal ini dapat terjadi karena basis konsumen di industri retail yang besar, yang kemudian menghasilkan berbagai data-data dari berbagai kegiatan mereka pada retail tersebut. Dengan data-data tersebut, machine learning berguna untuk membuat pola-pola berdasarkan perilaku konsumen, seperti produk yang pernah dibeli, produk yang dicari, ataupun produk-produk yang disukai oleh konsumen. Karena penerapan inilah, pelaku di industri retail merasa diuntungkan, baik bagi konsumen karena selalu diberikan rekomendasi yang sesuai dengan perilaku mereka, dan juga bagi pebisnis yang mendulang keuntungan karena transaksi dan feedback positif dari konsumennya.

Machine Learning di Sektor Pemerintahan

Di sektor pemerintahan pun tidak luput pula dari penerapan machine learning. Salah satu penerapan machine learning adalah pengenalan pola, baik pada gambar, video, maupun tekstual. Serangkaian pola yang muncul kemudian dipelajari, dan digunakan untuk mengidentifikasikan pola-pola lain yang masuk. Sebagai contoh, untuk mencegah kriminalitas di suatu kota, diperlukan suatu sistem yang dapat melacak data-data tindakan kriminal, sehingga membuat satuan forensik dapat bertindak, bahkan sebelum tindak kriminal terjadi. Di lain sisi, machine learning juga berdampak pada berbagai layanan darurat yang lebih efektif, dimana data-data yang dihasilkan dari berbagai kegiatan tersebut dapat digunakan untuk menentukan berbagai kebijakan publik, kegiatan preventif, dan berbagai tindakan lain dalam situasi kritis.

Dan masih banyak lagi penerapan-penerapan machine learning dalam berbagai sektor industri, yang akan selalu muncul seiring perkembangan teknologi di dunia. Bagaimana, tertarik untuk menerapkan machine learning pada produk yang akan dikembangkan?

 

Sumber Berita:

"The Evolution of Analytics" - Patrick Hall, Wen Phan, Katie Whitson. O'Reilly Media Inc., 2016

"10 Major Milestones in the History of Self-Driving Cars" - digitaltrends.com

"How machine learning can benefit the government sector" - themandarin.com.au

 

Sumber Gambar:

"Machine Learning Applications Across Different Industries" - hackernoon.com

Tags :

machine learning, technology, computation, software, indonesia, developer, industries, automotive, retail, e-commerce, government, crime prevention, self-driving car, recommendation system, vantura
Type and Hit Enter to Search