Mengenal Layanan Video Streaming

Contributor : Galih Dea | Date : 2019-11-21

Internet adalah salah satu hal penting di dunia, karena internet dianggap sebagai kunci perkembangan dunia. Dengan hadirnya internet, beragam hal dapat dilakukan. Mulai dari menyebarluaskan informasi lintas negara, sampai dengan menikmati hiburan-hiburan terbaru hanya melalui genggaman tangan kita.

Selain media sosial, salah satu inovasi yang muncul dengan hadirnya internet adalah layanan video streaming. Hadirnya layanan video streaming ini memudahkan pengguna internet untuk menikmati konten-konten video dari berbagai platform streaming yang tersedia.

Apa Itu Layanan Video Streaming?

Layanan video streaming adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menikmati konten video langsung-tonton melalui perangkat yang terhubung ke jaringan telekomunikasi, tanpa harus menunggu keseluruhan video selesai ditransmisikan ke perangkat pengguna. Konten yang ditawarkan dari layanan video streaming saat ini cukup beragam, film, TV series, dan lain sebagainya. Dengan berkembangnya teknologi serta spesifikasi perangkat keras di masa kini, layanan video streaming menjadi lebih mudah dan nyaman untuk dinikmati oleh berbagai pengguna internet di dunia.

Layanan video streaming yang paling terkenal saat ini adalah YouTube, dimana terdapat banyak sekali konten-konten video yang tersedia dan dapat dinikmati secara gratis oleh seluruh pengguna internet. YouTube memberikan wadah bagi penggunanya untuk mengunggah dan membagikan konten video untuk kanal video mereka sendiri. Pemilik kanal video dapat meraup keuntungan dari konten - konten yang mereka unggah dengan fitur monetisasi setelah memenuhi beberapa syarat yang ditetapkan oleh pihak YouTube.

Selain YouTube, terdapat pula layanan video streaming lain yang memiliki konsep serupa, antara lain Dailymotion, Vine, dan Vimeo.

Layanan Video Streaming yang Subscription-based

Selain YouTube yang dapat dinikmati oleh penggunanya secara gratis, terdapat pula layanan video streaming berbasis langganan. Pengguna layanan tersebut harus membayar biaya langganan untuk menikmati konten-konten video yang tersedia pada platform tersebut. Saat ini, sudah banyak bermunculan layanan video streaming dengan konsep berlangganan, seperti Netflix, Hulu, Amazon Prime Video, dan yang terbaru adalah Disney+ (dibaca Disney Plus).

Layanan video streaming ini umumnya menawarkan konten-konten yang bersifat terbatas, seperti film, TV series, serta news. Pada umumnya, berbagai layanan video streaming ini menawarkan harga langganan yang relatif sama setiap bulannya. Hal yang menjadi kelebihan dari masing - masing penyedia adalah ragam konten yang disediakan oleh layanan video streaming. Karena ragam konten ini pula, calon pengguna seringkali mengalami kebingungan dalam memilih layanan video streaming yang sesuai dengan pilihan mereka, yang akhirnya membuat pengguna berlangganan pada lebih dari satu layanan video streaming.

Layanan Video Streaming di Indonesia

Di Indonesia sendiri, muncul beberapa layanan video streaming yang serupa dengan Netflix, seperti Iflix, Hooq, Catchplay, Genflix, Viu, dan yang terbaru adalah Go-Play (besutan Go-Jek). Layaknya Netflix, layanan video streaming di Indonesia juga menawarkan biaya berlangganan. Namun, harga yang ditetapkan jauh lebih murah dari layanan video streaming di luar Indonesia, menyesuaikan konten-konten yang disediakan oleh layanan terkait. Selain itu, layanan video streaming ini juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan produksi sebagai penyedia konten, umumnya adalah film, yang membuat film-film layar lebar bisa dinikmati melalui layanan video streaming lokal setelah film tersebut tidak ditayangkan kembali bioskop.

Dengan hadirnya berbagai layanan video streaming, baik lokal maupun internasional, pengguna internet semakin dimudahkan untuk menikmati konten-konten video melalui perangkat dengan dukungan yang dimiliki.

 

Sumber Berita:

"Video Streaming Service" - whatis.techtarget.com

"What is YouTube" - digitalunite.com

"Best Alternatives to YouTube" - nordvpn.com

"Daftar Aplikasi Nonton Streaming TV & Film Indonesia Terbaru" - cnbcindonesia.com

 

Sumber Gambar:

"How to Build a Great Video Streaming App" - hackernoon.com

Tags :

internet, dunia, indonesia, streaming, video, gratis, langganan, konten, hiburan
Type and Hit Enter to Search