Musik Belum Mati! Konser Online ala Musisi Tiongkok di Tengah Coronavirus

Contributor : Galih Dea | Date : 2020-02-18

Di tahun 2020 ini, coronavirus menjadi satu dari banyak topik yang ramai diperbincangkan di internet. Coronavirus merupakan wabah mematikan asal Tiongkok, dan telah menyebar ke sebagian negara di dunia. Bahkan, saking mengerikannya, banyak kegiatan, mulai dari kecil hingga skala besar, ditiadakan karena ketakutan berbagai pihak akan coronavirus.

Di Tiongkok sendiri, sebagian besar kegiatan dihentikan hingga waktu yang tidak dapat ditentukan, untuk mencegah meluasnya coronavirus. Tidak hanya kegiatan sehari-hari seperti berbelanja dan kuliah yang terhenti disana, namun juga hiburan live di berbagai tempat. Oleh karena itu, banyak tempat hiburan yang tersebar di seluruh Tiongkok ditutup, membuat hiburan, termasuk musik, terasa senyap. Dengan banyaknya penduduk Tiongkok yang merasa bosan dan hanya bisa menetap di rumah, berbagai musisi di Tiongkok menemukan ide menarik di tengah merebaknya coronavirus.

Musisi Tiongkok Mengadakan Musik Live Secara Online

Musisi di Tiongkok, yang biasanya bermusik secara live di berbagai tempat hiburan, perlahan beralih menjadi live-streamer yang tampil pada berbagai festival dan klub malam virtual. Hal ini dilakukan oleh berbagai jenis musisi, seperti band dan DJ, dengan menyulap kediaman mereka, baik rumah, kamar, atau apartemen, menjadi tempat mereka manggung secara online.

Dan tentu saja, berbagai klub, label rekaman, dan promotor event tetap berdatangan di sana. Musik yang ditampilkan juga sama beragamnya, mulai dari musik techno, rock, sampai pop, serta sebagian besar kegiatan dari para musisi ini dilakukan di website video sharing buatan anak Tiongkok, yaitu BiliBili.

BiliBili, Platform Live Streaming untuk Konser Online di Tiongkok

BiliBili ini memiliki fitur bullet chatting, yang menampilkan komentar dari penonton di layar, membuat interaksi antara penonton dan musisi menjadi lebih dekat seperti manggung secara live. Bullet chatting sendiri dianggap sebagai kombinasi antara diskusi pada thread forum online, live chat, dan seni partisipatif yang memunculkan apresiasi secara online yang terasa lebih nyata.

Untuk kembali menghidupkan industri konser yang sedang mati di Tiongkok, BiliBili melakukan kerjasama dengan promotor konser untuk membuat seri konser yang dapat ditonton dari rumah. Dan karena itulah, industri hiburan di Tiongkok, terutama musik, tidak akan mati begitu saja, walaupun kegiatan lainnya sedang mati pada saat itu.

Itu adalah cerita mengenai musisi Tiongkok yang membuat konser online melalui live streaming di tengah coronavirus yang sedang mewabah secara luas. Walaupun coronavirus sedang menghantui kehidupan, hal ini tidak serta-merta mematikan industri di dunia, termasuk musik, yang mampu menghilangkan kepenatan di tengah membosankannya kehidupan.

 

Sumber Berita:

"Go read this report on how the coronavirus is pushing Chinese concerts online" - theverge.com

 

Sumber Gambar:

"Bilibili Launches Online Concert Series for China's Quarantined Millions" - variety.com

Tags :

teknologi, online, musik, konser, tiongkok, china, live streaming, bilibili, website, coronavirus, vantura, semarang, indonesia
Type and Hit Enter to Search